Blog Info Wisata Solo

Tumurun Private Museum, Objek Wisata Terbaru di Solo

tumurun museum

Ada museum seni rupa yang baru saja dibuka di kota Surakarta atau Solo pada hari Sabtu (24/3) kemarin. Koleksi seni di Tumurun Private Museum adalah koleksi Almarhum H. M. Lukminto dan koleksi dari putra-putra dari keluarga besar Lukminto. H. M. Lukminto adalah pendiri sekaligus pemilik perusahaan PT. Sri Rejeki Tekstil di kota Surakarta yang berdiri sejak tahun 1996. Iwan K. Lukminto memimpin PT. Sri Rejeki Tekstil sejak 1997. Tumurun Private Museum beralamat di Jalan Kebangkitan Nasional RT 02 RW 04, Teposanan Sriwedari Laweyan, Solo, Jawa Tengah.

Tumurun Private Museum memajang karya-karya seni modern dan seni kontemporer karya seniman-seniman Indonesia dan mancanegara. Mochtar Apin, Henk Ngantung, Arie Smit, Antonio Blanco, Ahmad Sadali, Affandi, Lee Man Fong, Emil Rizek, But Muchtar, Srihadi Soedarsono, Hendra Gunawan, S.Sudjojono, H. Widayat, Johan Rudolf Bonnet, Walter Spies, Willem Gerard Hofker, Sudjana Kerton, Basoeki Abdullah, Raden Saleh Sjarif Boestaman, Auke Sonnega, Ries Mulder, Lladro High Porcelain, Heri Dono, Wedhar Riyadi, Rudi Mantofani, Sinta Tantra, Eko Nugroho, Mochtar Sarman, Eddie Hara, Eddy Susanto, Handiriwirman Saputra, Syaiful Garibaldi, Mr. Yanen, dan karya seniman lainnya.

Meski jumlah koleksi Tumurun Private Museum masih terbilang sedikit, namun museum itu sudah dapat dikunjungi oleh masyarakat umum melalui sistem appointment yang dilayangkan melalui alamat surel di website Tumurun Private Museum. Kabarnya jumlah koleksi museum ini akan bertambah seiring perkembangan jaman.

“Jumlah koleksi ada sekitar 100 karya seni. Karena sifat museum kami adalah private, maka kami belum siapkan program edukasi. Dan untuk masuk ke museum kami tidak dipungut biaya. Untuk membuat janji bisa kirim surel ke alamat surel kami,” kata pemilik Turmurun Private Museum, Iwan K. Lukminto, di Surakarta.

Tumurun Private Museum merupakan salah satu dedikasi keluarga besar Lukminto di bidang seni, khususnya seni rupa Indonesia, untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat kota Solo mengenai karya seni rupa selain Batik. Kini, kota Solo memiliki museum seni rupa yang baik untuk pendidikan masyarakat kota Solo mengenai seni rupa modern dan kontemporer karya seniman Indonesia dan seniman mancanegara.

Kita tunggu saja kejutan-kejutan dan info menarik dari koleksi terbaru di Tumurun Private Museum di kota Surakarta ini melalui media sosial dan website museum Tumurun Private Museum ya.

Sumber : Artspace.id

Info sewa mobil solo untuk wisata museum di kota solo hubungi HSN TRans

Sharing is caring!