Kategori: Info Bisnis Solo

Pertumbuhan Ekonomi Kota Solo diperkirakan Meningkat

ekomomi bisnis surakarta

Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Surakarta menyebutkan proyeksi perekonomian akan lebih baik di tahun 2018. Hal tersebut seperti yang dikatakan Deputi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo, M Taufik Amrozi, kepada TribunSolo.com, Selasa (6/2/2018). “Tahun lalu 2017, pertumbuhan perekonomian Surakarta berkisar 5,3 persen hingga 5,7 persen,” ujarnya.

BACA JUGA : Harga Sewa mobil Solo Terbaru

Pertumbuhan Surakarta lebih tinggi dibandingkan nasional yang diangka 5,07 persen. Dan di tahun 2018 ini, lanjutnya akan meningkat ditopang oleh empat sektor utama. “Empat sektor tersebut industri pengolahan, perdagangan besar dan eceran, pertanian dan konstruksi,” ujarnya. BI juga melakukan survei kepada sejumlah pelaku industri, mereka banyak yang optimis pertumbuhan bisnis pada tahun ini jauh lebih baik.

Pelaku industri di tahun 2018 ini sudah banyak mendapatkan pesanan barang. Lebih baik, lanjutnya, dibandingkan tahun lalu. Dimana banyak pelaku industri yang wait and see karena memang pengaruh dari gejolak ekonomi global.

sumber : tribunnews.com

Sejarah Penamaan Solo dari Surakarta

kota solo

Sejarah penamaan kota Solo dari Surakarta? Yuk cari tahu di artikel ini. Sering kali muncul pertanyaan, terutama dari mereka yang bukan warga Solo, “Apa beda Solo dan Surakarta?”. Warga Solo sendiri pun banyak yang tidak tahu jawabannya. Padahal kedua nama itu berhubungan erat dengan hari jadi Kota Solo.

Sejarah Kota Solo bermula tatkala Keraton Kartosuro mengalami kehancuran akibat serbuan pemberontak Kerajaan Mataram. Akhirnya Pakubuwana II menunjuk beberapa orang untuk mencari tempat yang akan digunakan sebagai pusat pemerintahan kerajaan yang baru. Pada mulanya, ada tiga tempat usulan, yaitu : Desa Kadipala, Desa Sala dan Desa Sana Sewu.

Pakubuwana pun memilih Sala sebagai lokasi pindahnya pusat pemerintahan. Ia pun menamainya Surakarta Hadiningrat. Dan pada 17 Februari 1745 pusat pemerintahan Kerajaan Mataram dipindahkan ke Surakarta. Perpindahan ini pun dirayakan dengan kirab besar-besaran dan diperingati sebagai hari jadi Kota Solo.

Di Desa Sala itulah mulai dibangun peradaban baru. Disebut Desa Sala karena di desa tersebut terdapat seorang tokoh masyarakat yang arif dan bijaksana bernama Kyai Sala. Selain itu desa tersebut juga dipenuhi dengan pohon Sala atau pohon Tom atau Nila, namun ada juga yang menyebutnya sejenis pohon Pinus.

Perubahan dari nama Sala menjadi Solo terjadi karena ada kesalahan pelafalan dari orang-orang Belanda yang kala itu masih menguasai wilayah Indonesia. Akhirnya, karena saking seringnya dilafalkan sebagai Solo, maka nama itu menjadi kian melekat di telinga orang-orang.

sumber : www.geonusantara.org

Jalan-jalan di Solo pastikan sewa mobil Solo hanya di HSN Trans

9 Rute Penerbangan Terbaru Bandara Adi Soemarmo Solo

rute penerbangan terbaru adi soemarmo

Informasi 9 rute penerbangan baru di Adi Soemarmo Solo. Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo bakal ramai tahun ini. Pasalnya, sejumlah maskapai akan membuka rute penerbangan baru. General Manager (GM) bandara setempat Abdullah Usman mengungkapkan, Citilink akan membuka enam rute penerbangan baru. Yakni, dua penerbangan ke Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta, dua penerbangan ke Bandara I Gusti Ngurah Rai Denpasar, serta dua lagi penerbangan ke Palangkaraya dan Banjarmasin.

Rute Solo-Makassar yang berlanjut ke Papua dan sebelumnya sempat ditutup Sriwijaya Air juga akan dibuka lagi dengan jadwal lebih awal. Batik Air juga akan mencoba rute penerbangan baru Solo-Tasikmalaya.

Rute Solo-Jeddah yang sebelumnya dilayani carter oleh Lion Air juga akan dijadikan reguler. Di luar rencana pembukaan rute penerbangan baru domestik itu, Abdullah Usman berharap ada pembukaan rute internasional. Seperti ke Australia, Tiongkok, Jepang, Korea, Thailand, dan lainnya.

“Dalam acara yang digelar Asita beberapa waktu lalu, banyak pelaku biro perjalanan wisata memberangkatkan wisatawan ke Korea, meski itu hanya paket kecil dua atau tiga orang. Nah dari pada berangkat sendiri-sendiri lebih baik berangkat bersama-sama. Dari situ, rute dari Solo ke Korea bisa dibuka, meski hanya sebulan sekali,” kata Usman. Hal itu dikatakan di sela acara pra Colaborative Destination Development (CDD) bertema “Elevating Soloraya As Tourism Destination” yang digelar di kantor Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo, Jumat (23/2).

Acara diskusi yang melibatkan sejumlah wartawan dari berbagai media itu juga menghadirkan Ahmad Syaugi Shahab, Aviation Marketing Group Head PT Angkasa Pura I (Persero). Untuk mengantisipasi peningkatan jumlah penumpang, kata Usman selanjutnya, Angkasa Pura I juga membangun satu lagi terminal bandara di Adi Soemarmo dengan luasan yang sama dengan terminal bandara lama.

Ke depan, terminal itu akan digunakan terpisah untuk pintu masuk dan pintu ke luar. Demikian juga dengan perpanjangan runway untuk kebutuhan pesawat berbadan besar, diharapkan meramaikan bandara terutama untuk kebutuhan angkutan jamaah haji.

Kereta bandara yang menghubungkan bandara san Terminal Tirtonadi Solo dan Bandara di Yogyakarta yang kini tengah dibangun diharapkan juga ikut meramaikan bandara dan meningkatkan jumlah penumpang. Demikian pula dengan dijadikannya Solo sebagai bandara penghubung (hub) oleh Lion Air, juga akan menambah keramaian. “Kalau slot time di Bandara Yogyakarta, Semarang, atau Jakarta untuk rute penerbangan sudah penuh, bandara di Solo siap menampung,” kata Usman.

Sementara dalam paparan sebelumnya, Aviation Marketing Group Head PT Angkasa Pura I (Persero) Ahmad Syaugi Shahab mengatakan, sebanyak sembilan rute penerbangan ditutup selama 2015-2017. Yakni enam rute milik Lion Air, serta Sriwijaya Air, Air Asia, dan Batik Air, masing-masing satu rute. Meski ada penutupan, namun di 2017 Bandara Adi Soemarmo mencatat laba Rp 3 miliar untuk kali pertama.

Padahal sebelumnya, sejak Bandara Solo yang baru diresmikan tahun 2009 selalu saja merugi. Meski kondisi Bandara di Solo lebih baik ketimbang di Semarang dan Yogyakarta. Keuntungan itu banyak didapat dari banyaknya penumpang sejak bandara dijadikan hub olah sebuah maskapai. “Untuk program marketing, kami juga mengadakan Asia Routers di Okinamawa Jepang untuk menjual Solo,” kata Ahmad Syaugi Shahab. Sementara itu dalam Colaborative Destination Development, sejumlah wartawan barharap para pemerintah daerah di eks Karedidenan Surakarta untuk memanfaatkan keberadaan bandara.

Baik untuk kemajuan pariwisata, bisnis, perdagangan, atau kebutuhan lainnya. Untuk memajukan dunia pariwisata, pemerinrah daerah diminta bersinergi dan meninggalkan ego sektoral.

Sumber : www.tunai.co

Sewa mobil solo murah dan terpercaya yang bisa mengantar anda ke bandara? HSN Trans jawabannya.

Wow Ada Rute Solo – Seoul dari Bandara Adi Soemarmo

bandara adi soemarmo

Rute Solo Indonesia – Seoul Korea Selatan di Bandara Adi Soemarmo. PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adi Soemarmo Surakarta di Boyolali, Jawa Tengah akan membuka rute penerbangan baru tujuan Solo- Korea Selatan. Sebelum tujuan rute penerbangan baru itu dibuka, pihak Bandara Adi Soemarmo akan melakukan koordinasi dengan DPD Asosiasi Travel Agent (Asita) Jawa Tengah. General Manager Bandara Internasional Adi Soemarmo, Abdullah Usman mengatakan, koordinasi itu bertujuan untuk mempromosikan tujuan pembukaan rute baru. Usman menambahkan, ada beberapa alasan pihaknya membuka rute pernerbangan baru Solo-Korea Selatan. Baca juga : 7 Tempat Paling Instagramable di Seoul “Tiga alasan ini kenapa saya memilih tujuan Solo-Korea.

Pertama karena K-Pop-nya kan luar biasa, kedua kita punya restoran Korea (Kimchi dan Daegu) dan ketiga, kita punya Bank Korea. Jadi, tinggal rute penerbangannya yang belum ada,” ungkap Usman kepada wartawan di Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (23/2/2018). Rute penerbangan baru Solo-Korea Selatan itu rencananya akan dilayani menggunakan maskapai Garuda Indonesia dengan menggunakan jadwal penerbangan setiap Rabu. Sehingga pada Rabu pagi berangkat ke Korea kemudian Kamis paginya sudah kembali lagi ke Solo. “Pengembangan Bandara Adi Soemarmo selesai 2019. Salah satunya penambahan runway (landasan pacu) yang Insya Allah 2020 nanti bandara sudah lancar,” kata Usman.

sumber : travel.kompas.com

Mau sewa mobil solo murah dan terpercaya? HSN Trans jawabannya.

Order via Whatsapp